About

Gugun Blues Shelter (Review)

Halo kawan, wah udah lama banget ga main blog, terakhir post 6 desember 2010 itu pun post karna untuk tugas kuliah,hehe (padahal kenyataannya emang banyak post buat kuliah :D ) ngomong" soal kuliah, Alhamdulillah gue udah masuk semester 7 dan semester kemarin lancar mengerjakan Penulisan ilmiah, doakan gue lulus tahun depan ya kawan :) .

Aduh jadi banyak curhat nih di atas,haha langsung aja deh ya, karna gue kangen ngeblog tapi bingung mau post apa jadi gue memutuskan mau review tentang Gugun Blues Shelter aja, udah ada yang tau band satu ini? yang sukses main di Hyde Park-Hard Rock Calling 2011 beberpa bulan yang lalu, dan menjadi satu"nya band Asia Tenggara yang bermain di sana setelah mengalahkan band" dunia lewat Battle Of the Bands yang di selenggarakan oleh Hard Rock, keren kan? iya, emang mereka keren dan pantas mendapatkan itu. Gugun sang gitaris pernah di nobatkan menjadi gitaris blues terbaik se Asis Tenggara, di tahun 2007 oleh MTV Trax Magazinedan Album "TURN IT ON" menjadi salah satu album terbaik tahun 2007 versi majalah Rolling Stone Indonesia.
Gugun Blues Shelter (GBS) yang dulu sempet bernama Gugun and The BluesBug tapi akhirnya berganti nama karna ternyata nama Blues Bug udah dipakai oleh band asal Yunani dari 10 tahun yang lalu. GBS engga cuma main sekali di luar negri (hyde park) mereka sebelumnya juga udah sering main di luar negri, mereka pun punya label dan album yang release di Amerika. Di sana mereka ga pakai nama Gugun Blues Shelter, tapi Gugun Power Trio (buat gue pribadi agak aneh dengernya karna lebih enak denger kata Gugun Blues Shelter dan lebih bagus sebenernya pakai 1 nama biar pas orang cari tahu gampang, tapi mau diapain, katanya itu permintaan produser mereka).

About Members
-Gugun a.k.a Muhammad Gunawan : mungkin inilah Jimi Hendrix/Stevie Ray Vaughan made in Indonesia, penampilannya, permainannya sangat hendrix dan SRV walaupun begitu gugun tetep memiliki ciri khas sendiri.
-Jono a.k.a Jonathan Amstrong : satu"nya personil bukan orang indonesia, dia orang inggris tapi jangan salah di GBS dialah orang yang paling menonjol/sering memakai atribut" indonesia, kayak pas di hyde park dia pakai baju ala Soekarno, cool. Bagi yang belom tau dia yang biasa nongol di dahsyat jadi presenter itu.
-Bowie a.k.a Aditya wibowo : ga banyak kata buat drumer satu ini, KEREN itu udah cukup, gue speechless liat solo drum dia pas nonton live GBS, keren abis pokoknya. Dia juga drumernya Tohpati

About Albums
- Gugun And The BluesBug - Get The Bug

1. $20
2. Move On
3. Take It Slow Make It Shine
4. Talk Too Much
5. On The Run
6. Plastic People
7. Orangantanagram
8. Ask Your Soul
9. Trouble Town
10. Night Flying
11. Last Order

-Gugun And The BluesBug - Turn It On

1. Woman *
2. Who Is To Blame *
3. City Man
4. Bermain Cinta
5. Do I Have To Know
6. Holding On *
7. Spinnin' Around Me *
8. Fallin' Down *
9. Turn It On *
10. Funky Pesta *
11. Decided To Myself * (SRV banget)
12. Enam Tiga Puluh *


-Gugun Blues Shelter - Set My Soul On Fire

Ini dia Album favorite gue, setiap lagu di album ini bener" gue suka, dari awal track sampe akhir track dan uniknya lagi di album ini track listnya berurutan berdasarkan abjad. Saya sangat merekomendasikan Album ini buat temen" yang ingin tau GBS.
1. Follow The Step *
2. Funk no.1 *
3. Give Your Love *
4. Kandas *
5. On The Road *
6. Putus Cinta *
7. Rusty Man *
8. Satu Untuk Berbagi *
9. Set My Soul On Fire *
10. She Don't Need Romancing *
11. When I See You Again *
12. Whisky Woman *

-Gugun Blues Shelter - Self Titled

1. Fight To Freedom *
2. Emptyness *
3. Old Friend *
4. Good Thing Bad Things *
5. On the Run
6. When I see you Again *
7. Whiskey Woman ( terasa blues jadulnya :D )
8. Your The man
9. White Dog *

-Gugun Blues Shelter - Satu Untuk Berbagi

Ini mungkin Album GBS yang paling banyak liriknya berbahasa indonesia karna mungkin emang tujuan album ini di buat biar orang indonesia lebih kenal GBS karna sebelomnya kebanyakan liriknya berbahasa inggris, ada beberapa lagu yang memang di rekam ulang dan di ganti liriknya menjadi indonesia, di beberapa judul lagu yang memang sama dengan album sebelumnya di album ini direkam ulang, sehingga terdengar agak beda dari album sebelumnya dan ada pula aransement nya yang di tambahkan dan di ubah, di album ini menurut saya agak easy listening dari pada sebelom"ny walaupun tetep ngeblues. Saya juga merekomendasikan album ini buat temen" yang pengen tau GBS.

1. Ikuti Langkah * (versi indonesia dari Follow The Step)
2. Kandas *
3. Seperti Arus *
4. Satu Untuk Berbagi *
5. Basa-Basi *
6. Jangan Berkata Dalam Hati *
7. On The Road again * (ada tambahan aransement di menit 3:00-3:48, awesome)
8. Mobil Butut * (versi indonesia rusty man, beda tempo, 22nya oke banget)
9. Putus Cinta *
10. She Don't Need Romancing *
11. Give Your Love * (ada tambahan aransement juga)
12. Its Time To Rule The World *
13. Fallin' Down *
14. Funk No.1 *
15. Shuffira *

* = rekomendasi



Sejujurnya gue juga baru suka sama band ini tahun 2010 kemarin, sebenernya gue udah lama tau dan sering mendengar nama "GUGUN" si gitaris blues, tapi mungkin karna sifat gue yang rajin pemales in,i terus juga karna masih kesel sama HDD gue yang 80GB yang isinya document musik, video dll ilang dalam sekejap karna bad sector nyebabin gue males lagi buat koleksi/donlot lagu" (maklum mahasiswa ga mampu beli-beli CD original :D, tapi kalo buat band favorite gue beli original dong B-) ), dan gue pun akhirnya ga tau" tentang si gugun dkk ini. Tapi seiring waktu akhirnya banyak perubahan, gue udah beli HDD baru, laptop, dan modem dengan kekuatan internet baru yang bikin gue semangat buat koleksi lagu" dan video" lagi :D .
Berawal dari si Jono (sang bassis Gugun Blues Shelter(GBS)) yang nongol di TV dan jadi presenter dahsyat, awalnya gue ga tau itu bassis GBS,haha ini orang unik dan lucu, bule berbahasa indonesia,hehe terus karna gue gitaris handal dan kebetulan waktu itu mau beli gitar baru dan cari info-info tentang gitar, gue dapet info tentang gitar buatan indonesia yaitu ARTROCK dan gitar ini ternyata di pake atau ada signature gitar si gugun, dan makin semangat lah gue cari tau tentang GBS. Setelah berhasil denger lagunya dan gue bener" tergila" sama ini band :)

11 Responses so far.

Leave a Reply