About

Komputasi Modern

Tugas Pertemuan Kedua Pengantar Komputasi Modern (softskill)

Definisi singkat dari komputasi modern :
Komputasi sebenarnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data yang diinput. Pemecahan masalah ini dapat dilakukan dengan menggunakan suatu algoritma. Pada jaman dulu, perhitungan komputasi umumnya masih konvensional, masih menggunakan peralatan tulis biasa seperti pulpen ataupun kertas, pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Sekarang ini dengan semakin berkembangnya jaman, komputasi telah dilakukan dengan komputer. Hal inilah yang menyebabkan berkembangnya komputasi menjadi komputasi modern. Dengan semakin berjalannya waktu komputasi dengan komputer sebagai media utama sudah semakin meluas dan berkembang pesat. Perhitungan dan pemecahan masalah dengan algoritma menjadi semakin menjadi mudah karena dilakukan pada sebuah komputer. Contoh komputasi modern yaitu Akurasi (bit, floating point), Kecepatan (dalam satuanHz), Problem volume besar (paralel)..
Penerapan komputasi modern saat ini hanya terbatas pada pemecahan masalah algoritma seperti  bagaimana mencari sebuah kompleksitas, membandingkan kompleksitas untuk beberapa bahasa pemrograman.
Sejarah Komputasi modern :
Salah satu tokoh yang paling berpengaruh terhadap perkembangan komputasi modern adalah John Von Neumann (1903-1957). John Von Neumann adalah salah satu ahli matematika terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagas konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini. Sejarah dari komputasi modern sangat lah panjang perjalannya. Dari seorang John Von Neumann komputasi modern tersebut bisa berkembang sampai saat ini yang kita kenal dan kita tahu. Dari ilmu komputasi dan dikembangkan menjadi komputasi yang modern dengan menggunakan komputer yaitu Komputasi Modern.
Jenis-jenis komputasi modern :
Komputasi modern terbagi menjadi tiga macam yaitu :
  1. Mobile Computing
  2. Grid Computing
  3. Cloud Computing
Berikut ini akan dijelaskan mengenai pembagian dari komputasi modern serta implementasinya.
  1. Mobile computing
Computing artinya komputasi atau sesuatu yang bisa berjalan seperti fungsi komputer. Sedangkan mobile merupakan suatu barang elektronik yang bisa dibawa kemana-mana. Jadi mobile computing merupakan benda yang memiliki tekhnologi secanggih komputer dan mampu melakukan komunikasi walaupun user atau pengguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan. Jadi bisa juga diartikan bahwa mobile computing merupakan komputasi bergerak yang berkembang  dan memiliki teknologi secanggih komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari mobile computing yaitu Laptop, PDA, smart phone.
Implementasi dari salah satu contoh perangkat komputasi bergerak (mobile computing) PDA (Personal Digital Assistant) dapat dilihat dari fungsi kerja yang dapat dilakukan oleh “PDA” (Personal Digital Assistant). Fungsi kerja tersebut antara lain mampu menggantikan organizer konvensional (agenda). Dimana dulu orang menggunakan agenda untuk mencatat semua jadwal aktivitas, nomor telepon, atau untuk membantunya dalam mengingatkan hal-hal yang penting baginya, namun sekarang seiring dengan berkembangnya tekhnologi komputer masyarakat mulai menggantikan organizer konvensional tersebut dengan PDA untuk membantunya dalam aktivitas sehari-hari.
Beberapa keterbatasan dan resiko dari mobile computing:
1. Kurangnya Bandwith
Akses internet pada peralatan ini umumnya lebih lambat dibandingkan dengan koneksi kabel.
2. Gangguan Transmisi
Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan sinyal pada mobile computing seperti cuaca, medan dan jarak alat mobile computing dengan titik pemancar sinyal terdekat.
source :

Read more

Komputasi Modern, Paralel Processing, BioInformatika

Tugas Pertemuan Pertama Pengantar Komputasi Modern (softskill)

Komputasi Modern
1.      Apa yang kalian ketahui tentang Komputasi Modern ?
Jawab : Komputasi Modern terdiri dari dua kata yaitu Komputasi dan Modern,  dimana Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma sedangkan Modern artinya mengungkapkan tentang teknologi masa kini. Maka Komputasi Modern merupakan perhitungan yang menggunakan computer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.

2.      Jelaskan Sejarah Komputasi Modern ?
Jawab :
·         Pada tahun 1613 muncullah penggunaan kata “komputer” pertama kali.
Tahun 1940 komputer yang semula dikhususkan sebagai instrument untuk science, berubah menjadi produk komersil.
Tahun 1945 di temukan Bug Komputer oleh Grace Murray Hopper
Tahun 1947 tanggal 23 Desember ditemukan transistor yang pertama kali oleh Bardeen dan Walter Brattain bersama dengan William Shockley
Tahun 1951 dimulai sebuah gagasan microprogramming oleh Maurice Wilkes
Tahun 1951-1952 Grace Murray Hopper mengembangkan A-O, yang merupakan compiler pertama.
Tahun 1957 John Backus dan kolega IBM mengirimkan Compiler Fortran yang pertama.
Tahun 1958 Jack Kilby menghasilkan prototype semiconductor IC
Tahun 1960 merupakan timbulnya system kecil seperti word length, register structure, Number of Addresses, I/O channel, Floating point hardware.
Tahun 1960 juga Paul Baran yang bekerja di Rand Corp. menemukan dasar packet switching untuk data komunikasi.
Tahun 1962 video game pertama kali di temukan oleh Steve Russell yang merupakan seorang lulusan MIT.
Tahun 1964 mouse ditemukan oleh Doug Engelbart.
Tahun 1969 munculnya internet oleh DARPA
Tahun 1970 merupakan kedatangan PC (personal computer).
Tahun 1970 ditemukan UNIX oleh Dennis Ritchie dan Kenneth Thomson.
Pada tahun 1970 juga floppy disk dan daisywheel printer di tunjukkan kepada umum (debut pertama).
Tahun 1971 Ray Tomlinson of Bolt Beranek dan Newmen pertama kali mengirimkan jaringan surat e-mail.
Tahun 1971 Niklaus Wirth menemukan Pascal
Tahun 1972 di temukan bahasa C oleh Dennis Ritchie di Bell Labs.
Tahun 1973 Robert Metcalfe menuliskan catatan di “Ether Acquisition” yang mendeskripsikan Ethernet.
Tahun 1973 Robert Metcalfe dan David Boggs menemukan Ethernet.
Tahun 1976 merupakan tahun pertama kalinya muncul supercomputer dengan vektorial arsitektur.
Tahun 1976, Steve Jobs dan Steve Wozniak mendesain dan membangun Apple I yang terdiri dari kebanyakan papan circuit.
Tahun 1977, Steve Jobs dan Steve Wozniak tergabung dalam Apple computer pada 3 januari.
Tahun 1978, Muncul MS
Tahun 1978, Wordstar yang merupakan software pengolah kata diperkenalkan dan meluas.
Tahun 1979 telepon seluler di test di Jepang dan Chicago.
Tahun 1980 IBM memilih PC-DOS dari Microsoft sebagai OS (Operating System)
Tahun 1980 bahasa Ada muncul yang di temukan oleh Departemen Pertahanan US.
Tahun 1980 portable computer seberat 24 pounds lahir.
1 januari 1983, muncul TCP/IP
Tahun 1984, muncul Apple Macintosh
Tahun 1984, muncul DNS
Tahun 1985 menyebarnya sistem networking.
Tahun 1990 tim Barners Lee Menemukan WWW yaitu aplikasi internet yang membawa perkembangan dan perubahan besar di dunia internet.
Tahun 1991 Trovalds menempatkan UNIX di IBMnya.
Tahun 1992 muncul istilah surfing
Tahun 1993 pentium milik intel diperkenalkan kepada umum pada bulan Maret
Tahun 1993 muncul NSCA Mosaic
Tahun 1994 muncul Yahoo dan Netscape Navigator 1.0
Tahun 1995 muncul bahasa pemrograman Java pada bulan Mei.
Pada Desember 1994 maka Spyglass milik Microsoft telah dibayar dan diberi lisensi, sehingga untuk web browser yang nantinya nama spyglass tersebut akan diganti dengan nama Internet Explorer.
Pada 1995 spyglass sudah menjadi bagian dari OS dan bagian dari windows.

3.      Macam-macam Komputasi Modern
Jawab : Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Komputasi
1.      Apa yang kalian ketahui tentang Komputasi ?
Jawab : Komputasi adalah sebuah istilah umum untuk segala jenis pemrosesan informasi untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma.

2.      Apa yang kalian ketahui tentang Parallel Processing ?
Jawab : Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan.

3.      Hubungan Antara Komputasi Modern dengan Parallel Processing
Jawab : Kinerja Parallel komputasi digunakan untuk melakukan perhitungan komputasi dengan menggunakan 2 atau lebih CPU atau Processor dalam suatu komputer yang sama atau komputer yang berbeda dimana dalam hal ini setiap instruksi dibagi kedalam beberapa instruksi kemudian dikirim ke processor yang terlibat komputasi dan dilakukan secara bersamaan. Untuk proses pembagian proses komputasi tersebut dilakukan oleh suatu software yang betugas untuk mengatur komputasi. Terdapat dua jenis kinerja parallel processing yaitu Multi-core dan PC Clustering. Sehingga paralel processing dapat mempercepat waktu penyelesaian masalah komputasi karena proses dijalankan secara paralel dengan beberapa processor/komputer dengan tujuan/algoritma yang sama. Banyaknya jumlah komputer/prosessor untuk paralel processing, proses komputasi menjadi lebih cepat.

Bioinformatika
1.      Apa yang dimaksud mengenai Bioinformatika ?
Jawab : Bioinformatika kajian ilmu yang memadukan disiplin biologi molekul, matematika dan teknik informasi (TI). Ilmu ini didefinisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi molekul. Pada saat ini, Bioinformatika ini mempunyai peranan yang sangat penting, diantaranya adalah untuk manajemen data-data biologi molekul, terutama sekuen DNA dan informasi genetika.
2.      Bidang-bidang yang terkait dengan Bioinformatika ?
Jawab :
1.Bioinformatika dalam Bidang Klinis
Bioinformatika dalam bidang klinis sering disebut sebagai informatika klinis (clinical informatics). Aplikasi dari informatika klinis ini berbentuk manajemen data-data klinis dari pasien melalui Electrical Medical Record (EMR) yang dikembangkan oleh Clement J. McDonald dari Indiana University School of Medicine pada tahun 1972.
2.Bioinformatika untuk Identifikasi Agent Penyakit Baru
Bioinformatika juga menyediakan tool yang sangat penting untuk identifikasi agent penyakit yang belum dikenal penyebabnya. Banyak sekali penyakit baru yang muncul dalam dekade ini, dan diantaranya yang masih hangat adalah SARS (Severe  Acute Respiratory Syndrome).
3.Bioinformatika untuk Penemuan Obat
Cara yang digunakan pada contoh ini adalah dengan menganalisa struktur dan fungsi enzim-enzim yang diperlukan untuk perkembangbiakan suatu agent dimana agent tersebut adalah penyebab dari suatu penyakit. Kemudian mencari atau mensintesa zat atau senyawa yang dapat menekan fungsi dari enzim-enzim tersebut.

Sumber :
http://andretobb.wordpress.com/
http://ghani.gxrg.org/2011/04/01/kinerja-komputasi-dengan-parallel-processing/
http://vanish73.wordpress.com/2010/02/18/komputasi/
http://hikarunamie.wordpress.com/2011/06/03/penjelasan-singkat-komputasi-modern/

Read more

Bedah Website Waterbom-jakarta Mix 4P ( Product, Price, Place. Promotion )

Pada tugas softskill ke 4 kali ini, saya akan membahas tentang marketing mix 4P ,yang terdiri dari:
1. Product
Merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan dipasar untuk memuaskan dan keinginan konsumen. Product terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang , tempat, kepemilikan, organisasi, informasi ,ide.
2. Price
Jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pelanggan untuk mendapatkan product.
3. Place (Tempat/Distribusi)
Suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu product atau jasa yang digunakan oleh konsumen.
4. Promotion (promosi)
Aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada dipasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima , membeli dan loyal terhadap produk yang ditawarkan.

Dan website yang akan saya bedah dengan menggunakan mix 4P yaitu WATERBOM JAKARTA .

Untuk pecinta wahana air, dan yang tinggal/wisata di jakarta waterbom-jakarta adalah tempat wajib yang harus di datangi, banyak wahana yang asik-asik yang menambah indah wisata kita. Walaupun tiket masuk waterbom-jakarta lumayan tinggi, tetapi waterboom-jakarta sering memberi promosi/potongan harga dengan syarat-syarat yang tidak sulit juga untuk mendapatkannya. Waterbom-jakarta terletak di utara jakarta, walaupun udara di daerah sana panas tetapi waterbom-jakarta memiliki pohon yang banyak sehingga menjadikan suasana bermain airpun menjadi sejuk. Hal terpenting lainnya ialah waterbom-jakarta memiliki tempat parkir yang luas yang mampu menampung 1000 kendaraan, sehingga kita tidak usah repot-repot memikirkan dimana ingin memparkirkan kendaraan kita, dan terakhir di waterbom-jakarta menyediakan fasilitas hot-spot yang makin memperlengkap keindahan liburan kita.
berikut kutipan tentang waterbom-jakarta dari website mereka:

"Nama Waterbom muncul pada 1993 saat Waterbom Bali pertama kali dibuka untuk publik. Waterbom mendapatkan banyak perhatian dari turis domestik dan manca karena kualitasnya yang berstandar internasional. Waterbom Bali yang bercirikan pulau tropis penuh pohon kelapa, semilir angin laut yang segar dan melimpahnya air jernih menjuluki dirinya sebagai Tropical Cool.

Beranjak dari 16 tahun kesuksesan Waterbom Bali, pada tahun 2007 Waterbom Jakarta resmi dibuka. Komitmen kami tidak pernah berubah untuk selalu mejadi yang terbaik dalam pelayanan, fasilitas, desain dan estetika. Dengan tema Urban Cool, desain lansekap indahnya menawarkan atomosfir yang santai dengan wahana airnya yang mengasyikkan sekaligus menegangkan. Nama Waterbom kini telah diakui sebagai pemimpin dalam pelayanan, hiburan dan standarisasi yang tinggi.

Waterbom Bali akan membuat suasana liburan anda lebih hidup dengan seluncuran-seluncuran yang menegangkan, yang pelan dan santai maupun aktifitas yang seru. Jangan lupa untuk mencoba seluncuran andalan Waterbom Bali, Boomerang yang akan memacu adrenalin anda. Di Waterbom Jakarta akan anda temui The Hairpin, seluncuran mengasyikkan yang akan membuat anda berbelok, melingkar tajam dan menurun curam ke dalam kolam. Serasa rafting di udara!

Waterbom Jakarta menawarkan proses penjernihan air tingkat lanjut yang unik dan tanpa kaporit. Kualitas air kami sangat ramah lingkungan dan kesehatan manusia terutama kulit, mata dan rambut. Demi keselamatan pengunjung, seluruh lifeguard kami melewati ujian untuk mendapatkan sertifikat dan lolos uji international Safety Guard Standard. Dokter jaga yang selalu siap selama jam operasional, sistem keamanan terpadu di seluruh areal taman, parkir yang nyaman dan akses yang mudah dari jalan tol."

  • PRODUCT


Berikut product dan fasilitas yang di sediakan oleh waterbom-jakarta :
    • AquaTUbe
Terdiri dari tiga macam seluncuran; tertutup, setengah terbuka dan terbuka. Tube (ban) akan meluncur sepanjang slide berbentuk tabung yang berkelok saling berpilin dan mendarat di kolam air. Kecepatan yang tak terlalu tinggi sangat cocok bagi uji keberanian putra-putri anda, tentu dengan didampingi orang tuanya.

    • The Hairpin
Seluncuran terbuka berbentuk tusuk konde. Setelah start, tube akan berputar melingkar, meluncur ke bawah sepanjang lintasan bergelombang dan berakhir di kolam air. Peluncur menggunakan tube berukuran besar untuk 4 orang dan merasakan sensasi seperti berarung jeram di udara. Tube yang cukup berat akan dinaikkan menggunakan ban berjalan. 

    • Speed Slide
Dua seluncuran tercepat di Waterbom Jakarta. Seluncuran pertama, setelah start peluncur menukik cepat melewati lintasan dengan 2 gelombang dan berakhir di trek lurus. Seluncuran kedua, peluncur berputar dua kali setelah start, berbelok dan meluncur turun dengan cepat di trek lurus.

    • The Wizzard
Seluncuran kembar sejajar dengan lintasan berbentuk terowongan, berbelok sekali, turun bergelombang dan berhenti di lintasan terbuka. Peluncur menggunakan mat (matras) sebagai alat untuk meluncur.

    • Pleasure Pool


Kolam air terbuka yang cukup luas tempat untuk bersantai, berjemur atau sekedar berendam. Dikelilingi oleh gazebo-gazebo yang dapat disewa, kolam ini adalah pusat bagi event-eventatau kegiatan harian (daily activities) untuk pengunjung seperti; gepuk guling (pillow fighting) di air, voli (water volley ball) dan basket (water basket ball).


    • Wild River
Sungai buatan yang mengelilingi area taman Waterbom Jakarta, dilengkapi dengan pancuran, arus deras, pantai dan gelombang buatan. Pengunjung menggunakan ban tunggal atau ganda untuk mengapung dan berputar tanpa henti.


    • Wave Pool
Fasilitas ini melengkapi area pantai (Beach Area) yang terhubung dengan Wild River. Terdapat 6 macam kombinasi ombak yang berganti-ganti secara periodik yang dapat dinikmati setiap 15 menit selama 10 menit. Nikmati saat bersantai berkeliling taman di Wild River dan kesempatan dipermainkan ombak tak akan terlewatkan.


    • Bomblazter
Wahana air interaktif untuk anak-anak sampai umur 12 tahun. Wahana ini adalah yang terbesar di Indonesia, dilengkapi dengan sarana bermain interaktif seperti jaring ayun, canon air, pancuran, tangga ayun, 3 seluncuran mini dan 4 seluncuran sedang. Tema wahana ini adalah tribal dengan warna-warna cerah yang disukai anak-anak. Terdapat ember air (water bucket) yang menumpahkan air sebanyak 1.200 liter setiap 2 menit. Kedalaman air yang hanya 30 centimeter sangat aman bagi anak-anak usia 2-5 tahun. Wahana interaktif ini akan membuat mereka tetap aktif bermain sepanjang hari.


    • Kiddy Slides
Di area ini terdapat 3 seluncuran air untuk anak usia 5-12 tahun yang lurus maupun berkelok. Tiap seluncuran berakhir di kolam dangkal sedalam 70 cm. Untuk anak dibawah usia 5 tahun, para orang tua dapat membimbing sembari meluncur bersama putra-putrinya.

    • The Dome

    • Food Court
    • Gazebo
    • Shower-room
    • Locker
    • Tube-jacket

    • Hot Spot

  • PRICE
  • PLACE

  • PROMOTION





























Read more

Bedah Website toko Online

Pada post yang di peruntukan untuk tugas ke 3 softskill saya yaitu tentang membedah sebuah website toko online, yang sebelumnya toko tersebut berbisnis di dunia nyata sampai memiliki toko online di dunia maya. Toko Online yang saya akan bedah kali ini ialah toko MG sport & music.

Tentang MG sport & music : 
Sejak tahun 1970-an, MG sports & music telah menjadi salah toko olahraga yang paling lengkap dan jaringan ritel toko musik di Indonesia, membuka toko pertamanya di Jl. Mangga Besar Raya 30-tahun yang lalu. Saat ini, MG Sport & music beroperasi hampir 180 toko di kota-kota besar di seluruh Indonesia; kemungkinan toko ini tidak akan jauh dari tempat Anda, dimanapun Anda berada di dalam negeri. Salah satu kekuatan kunci dari MG Sport & Music adalah dunia kita ialah menjual produk dengan merek terkenal. Merek seperti Kettler, Arena, Gibson, dan sonor dianggap pemimpin di setiap kategori produk mereka. Untuk tahun terakhir, MG Sport & Music telah membangun merek-merek tersebut dengan mensponsori banyak olahraga dan acara musik, serta mendukung olahraga nasional dan internasional terkemuka dan tokoh musik.


 Pasti udah banyak yang tau dong dengan toko olahraga dan musik ini. Toko ini sangat terkenal di Indonesia, apalagi di kalangan olahragawan dan pemain musik, pasti tau toko ini. Saya pun kebetulan seorang pemain musik, gitar elektrik pertama saya pun saya beli di toko MG ini. Toko MG ini sangat menarik, karna menjual barang-barang dengan brand terkenal, dan stock yang di miliki pun cukup banyak sehingga membuat pembeli nyaman memilih barang yang ingin di beli.
Seiring perkembangan jaman akhirnya MG memiliki website, sehingga membuat pembeli lebih mudah dalam bertransaksi, apalagi untuk orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membeli ke toko, sekarang tinggal mengklik barang yang di inginkan dan barang pun akan datang kerumah, asik bukan.

Adapun cara bertransaksi melalui website MG sport & music ialah sebagai berikut :

1.Pergi ke halaman website MG yaitu www.mg.co.id
2.Pilih Menu, kalau mau beli alat-alat musik, maka klik menu music
3.Lalu pilih kategori alat musik yang ingin di beli, misal : gitar
4.Setelah itu silahkan pilih dan cari gitar yang di inginkan, apabila udah ketemu, klik gambar nya.
5.Setelah seperti gambar di atas, jika minat dan benar-benar ingin membeli langsung saja klik ADD TO CART, maka akan ada tampilan seperti di bawah ini, di sana terdapat list barang yang ingin kita beli, bila ingin mencari dan membeli barang lain kita bisa memilih continue shopping, atau bila sudah bisa memilih check out.
6.Setelah kita memilih check out maka kita akan berada di halaman baru yang berisi formulir, kita wajib mengisi itu semua agar pihak MG gampang untuk menghubungi kita, setelah selesai mengisi formulir maka klik "confirm check out" dan anda akan dihubungi pihak MG dan setelah itu anda mengiri uang melalui bank/atm dan barang pun akan sampai dirumah tanpa harus repot-repot ke toko MG :)


Sumber : www.mg.co.id

Read more