About

Komputasi Modern

Tugas Pertemuan Kedua Pengantar Komputasi Modern (softskill)

Definisi singkat dari komputasi modern :
Komputasi sebenarnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data yang diinput. Pemecahan masalah ini dapat dilakukan dengan menggunakan suatu algoritma. Pada jaman dulu, perhitungan komputasi umumnya masih konvensional, masih menggunakan peralatan tulis biasa seperti pulpen ataupun kertas, pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Sekarang ini dengan semakin berkembangnya jaman, komputasi telah dilakukan dengan komputer. Hal inilah yang menyebabkan berkembangnya komputasi menjadi komputasi modern. Dengan semakin berjalannya waktu komputasi dengan komputer sebagai media utama sudah semakin meluas dan berkembang pesat. Perhitungan dan pemecahan masalah dengan algoritma menjadi semakin menjadi mudah karena dilakukan pada sebuah komputer. Contoh komputasi modern yaitu Akurasi (bit, floating point), Kecepatan (dalam satuanHz), Problem volume besar (paralel)..
Penerapan komputasi modern saat ini hanya terbatas pada pemecahan masalah algoritma seperti  bagaimana mencari sebuah kompleksitas, membandingkan kompleksitas untuk beberapa bahasa pemrograman.
Sejarah Komputasi modern :
Salah satu tokoh yang paling berpengaruh terhadap perkembangan komputasi modern adalah John Von Neumann (1903-1957). John Von Neumann adalah salah satu ahli matematika terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagas konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini. Sejarah dari komputasi modern sangat lah panjang perjalannya. Dari seorang John Von Neumann komputasi modern tersebut bisa berkembang sampai saat ini yang kita kenal dan kita tahu. Dari ilmu komputasi dan dikembangkan menjadi komputasi yang modern dengan menggunakan komputer yaitu Komputasi Modern.
Jenis-jenis komputasi modern :
Komputasi modern terbagi menjadi tiga macam yaitu :
  1. Mobile Computing
  2. Grid Computing
  3. Cloud Computing
Berikut ini akan dijelaskan mengenai pembagian dari komputasi modern serta implementasinya.
  1. Mobile computing
Computing artinya komputasi atau sesuatu yang bisa berjalan seperti fungsi komputer. Sedangkan mobile merupakan suatu barang elektronik yang bisa dibawa kemana-mana. Jadi mobile computing merupakan benda yang memiliki tekhnologi secanggih komputer dan mampu melakukan komunikasi walaupun user atau pengguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan. Jadi bisa juga diartikan bahwa mobile computing merupakan komputasi bergerak yang berkembang  dan memiliki teknologi secanggih komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari mobile computing yaitu Laptop, PDA, smart phone.
Implementasi dari salah satu contoh perangkat komputasi bergerak (mobile computing) PDA (Personal Digital Assistant) dapat dilihat dari fungsi kerja yang dapat dilakukan oleh “PDA” (Personal Digital Assistant). Fungsi kerja tersebut antara lain mampu menggantikan organizer konvensional (agenda). Dimana dulu orang menggunakan agenda untuk mencatat semua jadwal aktivitas, nomor telepon, atau untuk membantunya dalam mengingatkan hal-hal yang penting baginya, namun sekarang seiring dengan berkembangnya tekhnologi komputer masyarakat mulai menggantikan organizer konvensional tersebut dengan PDA untuk membantunya dalam aktivitas sehari-hari.
Beberapa keterbatasan dan resiko dari mobile computing:
1. Kurangnya Bandwith
Akses internet pada peralatan ini umumnya lebih lambat dibandingkan dengan koneksi kabel.
2. Gangguan Transmisi
Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan sinyal pada mobile computing seperti cuaca, medan dan jarak alat mobile computing dengan titik pemancar sinyal terdekat.
source :

Read more

Komputasi Modern, Paralel Processing, BioInformatika

Tugas Pertemuan Pertama Pengantar Komputasi Modern (softskill)

Komputasi Modern
1.      Apa yang kalian ketahui tentang Komputasi Modern ?
Jawab : Komputasi Modern terdiri dari dua kata yaitu Komputasi dan Modern,  dimana Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma sedangkan Modern artinya mengungkapkan tentang teknologi masa kini. Maka Komputasi Modern merupakan perhitungan yang menggunakan computer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.

2.      Jelaskan Sejarah Komputasi Modern ?
Jawab :
·         Pada tahun 1613 muncullah penggunaan kata “komputer” pertama kali.
Tahun 1940 komputer yang semula dikhususkan sebagai instrument untuk science, berubah menjadi produk komersil.
Tahun 1945 di temukan Bug Komputer oleh Grace Murray Hopper
Tahun 1947 tanggal 23 Desember ditemukan transistor yang pertama kali oleh Bardeen dan Walter Brattain bersama dengan William Shockley
Tahun 1951 dimulai sebuah gagasan microprogramming oleh Maurice Wilkes
Tahun 1951-1952 Grace Murray Hopper mengembangkan A-O, yang merupakan compiler pertama.
Tahun 1957 John Backus dan kolega IBM mengirimkan Compiler Fortran yang pertama.
Tahun 1958 Jack Kilby menghasilkan prototype semiconductor IC
Tahun 1960 merupakan timbulnya system kecil seperti word length, register structure, Number of Addresses, I/O channel, Floating point hardware.
Tahun 1960 juga Paul Baran yang bekerja di Rand Corp. menemukan dasar packet switching untuk data komunikasi.
Tahun 1962 video game pertama kali di temukan oleh Steve Russell yang merupakan seorang lulusan MIT.
Tahun 1964 mouse ditemukan oleh Doug Engelbart.
Tahun 1969 munculnya internet oleh DARPA
Tahun 1970 merupakan kedatangan PC (personal computer).
Tahun 1970 ditemukan UNIX oleh Dennis Ritchie dan Kenneth Thomson.
Pada tahun 1970 juga floppy disk dan daisywheel printer di tunjukkan kepada umum (debut pertama).
Tahun 1971 Ray Tomlinson of Bolt Beranek dan Newmen pertama kali mengirimkan jaringan surat e-mail.
Tahun 1971 Niklaus Wirth menemukan Pascal
Tahun 1972 di temukan bahasa C oleh Dennis Ritchie di Bell Labs.
Tahun 1973 Robert Metcalfe menuliskan catatan di “Ether Acquisition” yang mendeskripsikan Ethernet.
Tahun 1973 Robert Metcalfe dan David Boggs menemukan Ethernet.
Tahun 1976 merupakan tahun pertama kalinya muncul supercomputer dengan vektorial arsitektur.
Tahun 1976, Steve Jobs dan Steve Wozniak mendesain dan membangun Apple I yang terdiri dari kebanyakan papan circuit.
Tahun 1977, Steve Jobs dan Steve Wozniak tergabung dalam Apple computer pada 3 januari.
Tahun 1978, Muncul MS
Tahun 1978, Wordstar yang merupakan software pengolah kata diperkenalkan dan meluas.
Tahun 1979 telepon seluler di test di Jepang dan Chicago.
Tahun 1980 IBM memilih PC-DOS dari Microsoft sebagai OS (Operating System)
Tahun 1980 bahasa Ada muncul yang di temukan oleh Departemen Pertahanan US.
Tahun 1980 portable computer seberat 24 pounds lahir.
1 januari 1983, muncul TCP/IP
Tahun 1984, muncul Apple Macintosh
Tahun 1984, muncul DNS
Tahun 1985 menyebarnya sistem networking.
Tahun 1990 tim Barners Lee Menemukan WWW yaitu aplikasi internet yang membawa perkembangan dan perubahan besar di dunia internet.
Tahun 1991 Trovalds menempatkan UNIX di IBMnya.
Tahun 1992 muncul istilah surfing
Tahun 1993 pentium milik intel diperkenalkan kepada umum pada bulan Maret
Tahun 1993 muncul NSCA Mosaic
Tahun 1994 muncul Yahoo dan Netscape Navigator 1.0
Tahun 1995 muncul bahasa pemrograman Java pada bulan Mei.
Pada Desember 1994 maka Spyglass milik Microsoft telah dibayar dan diberi lisensi, sehingga untuk web browser yang nantinya nama spyglass tersebut akan diganti dengan nama Internet Explorer.
Pada 1995 spyglass sudah menjadi bagian dari OS dan bagian dari windows.

3.      Macam-macam Komputasi Modern
Jawab : Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Komputasi
1.      Apa yang kalian ketahui tentang Komputasi ?
Jawab : Komputasi adalah sebuah istilah umum untuk segala jenis pemrosesan informasi untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma.

2.      Apa yang kalian ketahui tentang Parallel Processing ?
Jawab : Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan.

3.      Hubungan Antara Komputasi Modern dengan Parallel Processing
Jawab : Kinerja Parallel komputasi digunakan untuk melakukan perhitungan komputasi dengan menggunakan 2 atau lebih CPU atau Processor dalam suatu komputer yang sama atau komputer yang berbeda dimana dalam hal ini setiap instruksi dibagi kedalam beberapa instruksi kemudian dikirim ke processor yang terlibat komputasi dan dilakukan secara bersamaan. Untuk proses pembagian proses komputasi tersebut dilakukan oleh suatu software yang betugas untuk mengatur komputasi. Terdapat dua jenis kinerja parallel processing yaitu Multi-core dan PC Clustering. Sehingga paralel processing dapat mempercepat waktu penyelesaian masalah komputasi karena proses dijalankan secara paralel dengan beberapa processor/komputer dengan tujuan/algoritma yang sama. Banyaknya jumlah komputer/prosessor untuk paralel processing, proses komputasi menjadi lebih cepat.

Bioinformatika
1.      Apa yang dimaksud mengenai Bioinformatika ?
Jawab : Bioinformatika kajian ilmu yang memadukan disiplin biologi molekul, matematika dan teknik informasi (TI). Ilmu ini didefinisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi molekul. Pada saat ini, Bioinformatika ini mempunyai peranan yang sangat penting, diantaranya adalah untuk manajemen data-data biologi molekul, terutama sekuen DNA dan informasi genetika.
2.      Bidang-bidang yang terkait dengan Bioinformatika ?
Jawab :
1.Bioinformatika dalam Bidang Klinis
Bioinformatika dalam bidang klinis sering disebut sebagai informatika klinis (clinical informatics). Aplikasi dari informatika klinis ini berbentuk manajemen data-data klinis dari pasien melalui Electrical Medical Record (EMR) yang dikembangkan oleh Clement J. McDonald dari Indiana University School of Medicine pada tahun 1972.
2.Bioinformatika untuk Identifikasi Agent Penyakit Baru
Bioinformatika juga menyediakan tool yang sangat penting untuk identifikasi agent penyakit yang belum dikenal penyebabnya. Banyak sekali penyakit baru yang muncul dalam dekade ini, dan diantaranya yang masih hangat adalah SARS (Severe  Acute Respiratory Syndrome).
3.Bioinformatika untuk Penemuan Obat
Cara yang digunakan pada contoh ini adalah dengan menganalisa struktur dan fungsi enzim-enzim yang diperlukan untuk perkembangbiakan suatu agent dimana agent tersebut adalah penyebab dari suatu penyakit. Kemudian mencari atau mensintesa zat atau senyawa yang dapat menekan fungsi dari enzim-enzim tersebut.

Sumber :
http://andretobb.wordpress.com/
http://ghani.gxrg.org/2011/04/01/kinerja-komputasi-dengan-parallel-processing/
http://vanish73.wordpress.com/2010/02/18/komputasi/
http://hikarunamie.wordpress.com/2011/06/03/penjelasan-singkat-komputasi-modern/

Read more

Bedah Website Waterbom-jakarta Mix 4P ( Product, Price, Place. Promotion )

Pada tugas softskill ke 4 kali ini, saya akan membahas tentang marketing mix 4P ,yang terdiri dari:
1. Product
Merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan dipasar untuk memuaskan dan keinginan konsumen. Product terdiri atas barang, jasa, pengalaman, events, orang , tempat, kepemilikan, organisasi, informasi ,ide.
2. Price
Jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pelanggan untuk mendapatkan product.
3. Place (Tempat/Distribusi)
Suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam penyedia suatu product atau jasa yang digunakan oleh konsumen.
4. Promotion (promosi)
Aktivitas pemasaran yang berusaha menyebabkan informasi, mempengaruhi, membujuk atau meningkatkan pasar sasaran atau perusahaan dan produknya yang ada dipasar agar konsumen atau pelanggan bersedia menerima , membeli dan loyal terhadap produk yang ditawarkan.

Dan website yang akan saya bedah dengan menggunakan mix 4P yaitu WATERBOM JAKARTA .

Untuk pecinta wahana air, dan yang tinggal/wisata di jakarta waterbom-jakarta adalah tempat wajib yang harus di datangi, banyak wahana yang asik-asik yang menambah indah wisata kita. Walaupun tiket masuk waterbom-jakarta lumayan tinggi, tetapi waterboom-jakarta sering memberi promosi/potongan harga dengan syarat-syarat yang tidak sulit juga untuk mendapatkannya. Waterbom-jakarta terletak di utara jakarta, walaupun udara di daerah sana panas tetapi waterbom-jakarta memiliki pohon yang banyak sehingga menjadikan suasana bermain airpun menjadi sejuk. Hal terpenting lainnya ialah waterbom-jakarta memiliki tempat parkir yang luas yang mampu menampung 1000 kendaraan, sehingga kita tidak usah repot-repot memikirkan dimana ingin memparkirkan kendaraan kita, dan terakhir di waterbom-jakarta menyediakan fasilitas hot-spot yang makin memperlengkap keindahan liburan kita.
berikut kutipan tentang waterbom-jakarta dari website mereka:

"Nama Waterbom muncul pada 1993 saat Waterbom Bali pertama kali dibuka untuk publik. Waterbom mendapatkan banyak perhatian dari turis domestik dan manca karena kualitasnya yang berstandar internasional. Waterbom Bali yang bercirikan pulau tropis penuh pohon kelapa, semilir angin laut yang segar dan melimpahnya air jernih menjuluki dirinya sebagai Tropical Cool.

Beranjak dari 16 tahun kesuksesan Waterbom Bali, pada tahun 2007 Waterbom Jakarta resmi dibuka. Komitmen kami tidak pernah berubah untuk selalu mejadi yang terbaik dalam pelayanan, fasilitas, desain dan estetika. Dengan tema Urban Cool, desain lansekap indahnya menawarkan atomosfir yang santai dengan wahana airnya yang mengasyikkan sekaligus menegangkan. Nama Waterbom kini telah diakui sebagai pemimpin dalam pelayanan, hiburan dan standarisasi yang tinggi.

Waterbom Bali akan membuat suasana liburan anda lebih hidup dengan seluncuran-seluncuran yang menegangkan, yang pelan dan santai maupun aktifitas yang seru. Jangan lupa untuk mencoba seluncuran andalan Waterbom Bali, Boomerang yang akan memacu adrenalin anda. Di Waterbom Jakarta akan anda temui The Hairpin, seluncuran mengasyikkan yang akan membuat anda berbelok, melingkar tajam dan menurun curam ke dalam kolam. Serasa rafting di udara!

Waterbom Jakarta menawarkan proses penjernihan air tingkat lanjut yang unik dan tanpa kaporit. Kualitas air kami sangat ramah lingkungan dan kesehatan manusia terutama kulit, mata dan rambut. Demi keselamatan pengunjung, seluruh lifeguard kami melewati ujian untuk mendapatkan sertifikat dan lolos uji international Safety Guard Standard. Dokter jaga yang selalu siap selama jam operasional, sistem keamanan terpadu di seluruh areal taman, parkir yang nyaman dan akses yang mudah dari jalan tol."

  • PRODUCT


Berikut product dan fasilitas yang di sediakan oleh waterbom-jakarta :
    • AquaTUbe
Terdiri dari tiga macam seluncuran; tertutup, setengah terbuka dan terbuka. Tube (ban) akan meluncur sepanjang slide berbentuk tabung yang berkelok saling berpilin dan mendarat di kolam air. Kecepatan yang tak terlalu tinggi sangat cocok bagi uji keberanian putra-putri anda, tentu dengan didampingi orang tuanya.

    • The Hairpin
Seluncuran terbuka berbentuk tusuk konde. Setelah start, tube akan berputar melingkar, meluncur ke bawah sepanjang lintasan bergelombang dan berakhir di kolam air. Peluncur menggunakan tube berukuran besar untuk 4 orang dan merasakan sensasi seperti berarung jeram di udara. Tube yang cukup berat akan dinaikkan menggunakan ban berjalan. 

    • Speed Slide
Dua seluncuran tercepat di Waterbom Jakarta. Seluncuran pertama, setelah start peluncur menukik cepat melewati lintasan dengan 2 gelombang dan berakhir di trek lurus. Seluncuran kedua, peluncur berputar dua kali setelah start, berbelok dan meluncur turun dengan cepat di trek lurus.

    • The Wizzard
Seluncuran kembar sejajar dengan lintasan berbentuk terowongan, berbelok sekali, turun bergelombang dan berhenti di lintasan terbuka. Peluncur menggunakan mat (matras) sebagai alat untuk meluncur.

    • Pleasure Pool


Kolam air terbuka yang cukup luas tempat untuk bersantai, berjemur atau sekedar berendam. Dikelilingi oleh gazebo-gazebo yang dapat disewa, kolam ini adalah pusat bagi event-eventatau kegiatan harian (daily activities) untuk pengunjung seperti; gepuk guling (pillow fighting) di air, voli (water volley ball) dan basket (water basket ball).


    • Wild River
Sungai buatan yang mengelilingi area taman Waterbom Jakarta, dilengkapi dengan pancuran, arus deras, pantai dan gelombang buatan. Pengunjung menggunakan ban tunggal atau ganda untuk mengapung dan berputar tanpa henti.


    • Wave Pool
Fasilitas ini melengkapi area pantai (Beach Area) yang terhubung dengan Wild River. Terdapat 6 macam kombinasi ombak yang berganti-ganti secara periodik yang dapat dinikmati setiap 15 menit selama 10 menit. Nikmati saat bersantai berkeliling taman di Wild River dan kesempatan dipermainkan ombak tak akan terlewatkan.


    • Bomblazter
Wahana air interaktif untuk anak-anak sampai umur 12 tahun. Wahana ini adalah yang terbesar di Indonesia, dilengkapi dengan sarana bermain interaktif seperti jaring ayun, canon air, pancuran, tangga ayun, 3 seluncuran mini dan 4 seluncuran sedang. Tema wahana ini adalah tribal dengan warna-warna cerah yang disukai anak-anak. Terdapat ember air (water bucket) yang menumpahkan air sebanyak 1.200 liter setiap 2 menit. Kedalaman air yang hanya 30 centimeter sangat aman bagi anak-anak usia 2-5 tahun. Wahana interaktif ini akan membuat mereka tetap aktif bermain sepanjang hari.


    • Kiddy Slides
Di area ini terdapat 3 seluncuran air untuk anak usia 5-12 tahun yang lurus maupun berkelok. Tiap seluncuran berakhir di kolam dangkal sedalam 70 cm. Untuk anak dibawah usia 5 tahun, para orang tua dapat membimbing sembari meluncur bersama putra-putrinya.

    • The Dome

    • Food Court
    • Gazebo
    • Shower-room
    • Locker
    • Tube-jacket

    • Hot Spot

  • PRICE
  • PLACE

  • PROMOTION





























Read more

Bedah Website toko Online

Pada post yang di peruntukan untuk tugas ke 3 softskill saya yaitu tentang membedah sebuah website toko online, yang sebelumnya toko tersebut berbisnis di dunia nyata sampai memiliki toko online di dunia maya. Toko Online yang saya akan bedah kali ini ialah toko MG sport & music.

Tentang MG sport & music : 
Sejak tahun 1970-an, MG sports & music telah menjadi salah toko olahraga yang paling lengkap dan jaringan ritel toko musik di Indonesia, membuka toko pertamanya di Jl. Mangga Besar Raya 30-tahun yang lalu. Saat ini, MG Sport & music beroperasi hampir 180 toko di kota-kota besar di seluruh Indonesia; kemungkinan toko ini tidak akan jauh dari tempat Anda, dimanapun Anda berada di dalam negeri. Salah satu kekuatan kunci dari MG Sport & Music adalah dunia kita ialah menjual produk dengan merek terkenal. Merek seperti Kettler, Arena, Gibson, dan sonor dianggap pemimpin di setiap kategori produk mereka. Untuk tahun terakhir, MG Sport & Music telah membangun merek-merek tersebut dengan mensponsori banyak olahraga dan acara musik, serta mendukung olahraga nasional dan internasional terkemuka dan tokoh musik.


 Pasti udah banyak yang tau dong dengan toko olahraga dan musik ini. Toko ini sangat terkenal di Indonesia, apalagi di kalangan olahragawan dan pemain musik, pasti tau toko ini. Saya pun kebetulan seorang pemain musik, gitar elektrik pertama saya pun saya beli di toko MG ini. Toko MG ini sangat menarik, karna menjual barang-barang dengan brand terkenal, dan stock yang di miliki pun cukup banyak sehingga membuat pembeli nyaman memilih barang yang ingin di beli.
Seiring perkembangan jaman akhirnya MG memiliki website, sehingga membuat pembeli lebih mudah dalam bertransaksi, apalagi untuk orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membeli ke toko, sekarang tinggal mengklik barang yang di inginkan dan barang pun akan datang kerumah, asik bukan.

Adapun cara bertransaksi melalui website MG sport & music ialah sebagai berikut :

1.Pergi ke halaman website MG yaitu www.mg.co.id
2.Pilih Menu, kalau mau beli alat-alat musik, maka klik menu music
3.Lalu pilih kategori alat musik yang ingin di beli, misal : gitar
4.Setelah itu silahkan pilih dan cari gitar yang di inginkan, apabila udah ketemu, klik gambar nya.
5.Setelah seperti gambar di atas, jika minat dan benar-benar ingin membeli langsung saja klik ADD TO CART, maka akan ada tampilan seperti di bawah ini, di sana terdapat list barang yang ingin kita beli, bila ingin mencari dan membeli barang lain kita bisa memilih continue shopping, atau bila sudah bisa memilih check out.
6.Setelah kita memilih check out maka kita akan berada di halaman baru yang berisi formulir, kita wajib mengisi itu semua agar pihak MG gampang untuk menghubungi kita, setelah selesai mengisi formulir maka klik "confirm check out" dan anda akan dihubungi pihak MG dan setelah itu anda mengiri uang melalui bank/atm dan barang pun akan sampai dirumah tanpa harus repot-repot ke toko MG :)


Sumber : www.mg.co.id

Read more

Penajaman Citra

Sharpening

Pada tugas kali ini, akan dijelaskan mengenai penajaman citra (sharpening) dengan menggunakan MATLAB versi 7. Penajaman citra bertujuan untuk memperjelas tepi objek pada citra. Metodenya menggunakan High Pass Filter. Penajaman citra sering juga disebut sebagai penajaman tepi (edge sharpening).

Selanjutnya saya akan menjelaskan proses pembuatan sharpening dengan matlab beserta GUI-nya. Pertama-tama buka program matlab, kemudian ketikan >>guide pada command window. Kemudian pilih Blank GUI, lalu OK. Selajutnya simpan figure dengan mengklik File>>Save As, simpan dengan nama Sharpening. Lalu desain figure dengan mendesain seperti gambar dibawah ini :



Pada desain GUI di atas komponen yang digunakan yaitu pushbutton, axes, panel , dan static text. Untuk mengatur properti komponen dapat dilakukan dengan double click pada komponen atau dengan klik kanan pada komponen>>property inspector.

Pada desain GUI sharpening ini saya menggunakan tiga pushbutton yaitu Browse, Sharp, dan Clear Image. Button Browse digunakan untuk meload gambar ke axes pertama. Button Sharp digunakan untuk melakukan proses penajaman citra yang hasilnya akan ditampilkan pada axes kedua. Button Clear Image berfungsi untuk membersihkan gambar pada axes pertama dan kedua.

Berikut ini adalah koding untuk keseluruhan komponen :

Script
function varargout = Sharpening(varargin)
% SHARPENING MATLAB code for Sharpening.fig
%      SHARPENING, by itself, creates a new SHARPENING or raises the existing
%      singleton*.
%
%      H = SHARPENING returns the handle to a new SHARPENING or the handle to
%      the existing singleton*.
%
%      SHARPENING('CALLBACK',hObject,eventData,handles,...) calls the local
%      function named CALLBACK in SHARPENING.M with the given input arguments.
%
%      SHARPENING('Property','Value',...) creates a new SHARPENING or raises the
%      existing singleton*.  Starting from the left, property value pairs are
%      applied to the GUI before Sharpening_OpeningFcn gets called.  An
%      unrecognized property name or invalid value makes property application
%      stop.  All inputs are passed to Sharpening_OpeningFcn via varargin.
%
%      *See GUI Options on GUIDE's Tools menu.  Choose "GUI allows only one
%      instance to run (singleton)".
%
% See also: GUIDE, GUIDATA, GUIHANDLES

% Edit the above text to modify the response to help Sharpening

% Last Modified by GUIDE v2.5 26-Dec-2011 00:55:06

% Begin initialization code - DO NOT EDIT
gui_Singleton = 1;
gui_State = struct('gui_Name',       mfilename, ...
                   'gui_Singleton',  gui_Singleton, ...
                   'gui_OpeningFcn', @Sharpening_OpeningFcn, ...
                   'gui_OutputFcn',  @Sharpening_OutputFcn, ...
                   'gui_LayoutFcn',  [] , ...
                   'gui_Callback',   []);
if nargin && ischar(varargin{1})
    gui_State.gui_Callback = str2func(varargin{1});
end

if nargout
    [varargout{1:nargout}] = gui_mainfcn(gui_State, varargin{:});
else
    gui_mainfcn(gui_State, varargin{:});
end
% End initialization code - DO NOT EDIT


% --- Executes just before Sharpening is made visible.
function Sharpening_OpeningFcn(hObject, eventdata, handles, varargin)
% This function has no output args, see OutputFcn.
% hObject    handle to figure
% eventdata  reserved - to be defined in a future version of MATLAB
% handles    structure with handles and user data (see GUIDATA)
% varargin   command line arguments to Sharpening (see VARARGIN)

% Choose default command line output for Sharpening
handles.output = hObject;

% Update handles structure
guidata(hObject, handles);

% UIWAIT makes Sharpening wait for user response (see UIRESUME)
% uiwait(handles.figsharp);


% --- Outputs from this function are returned to the command line.
function varargout = Sharpening_OutputFcn(hObject, eventdata, handles)
% varargout  cell array for returning output args (see VARARGOUT);
% hObject    handle to figure
% eventdata  reserved - to be defined in a future version of MATLAB
% handles    structure with handles and user data (see GUIDATA)

% Get default command line output from handles structure
varargout{1} = handles.output;


% --- Executes on button press in btnbrowse.
function btnbrowse_Callback(hObject, eventdata, handles)
% hObject    handle to btnbrowse (see GCBO)
% eventdata  reserved - to be defined in a future version of MATLAB
% handles    structure with handles and user data (see GUIDATA)
proyek=guidata(gcbo);
[namafile,direktori]=uigetfile({'*.jpg';'*.bmp';...
    '*.png';'*tif'},'Buka Gambar');

I=imread(namafile);
set(proyek.figsharp,'CurrentAxes',proyek.axes1);
set(imshow(I));
set(proyek.axes1,'Userdata',I);
set(proyek.figsharp,'Userdata',I);

% --- Executes on button press in btnsharp.
function btnsharp_Callback(hObject, eventdata, handles)
% hObject    handle to btnsharp (see GCBO)
% eventdata  reserved - to be defined in a future version of MATLAB
% handles    structure with handles and user data (see GUIDATA)
proyek=guidata(gcbo);
I=get(proyek.axes1,'Userdata');
PSF=fspecial('unsharp');
A=imfilter(I,PSF,'replicate');
set(proyek.figsharp,'CurrentAxes',proyek.axes2);
set(imshow(A));
set(proyek.axes2,'Userdata',A);

% --- Executes on button press in btnclear.
function btnclear_Callback(hObject, eventdata, handles)
% hObject    handle to btnclear (see GCBO)
% eventdata  reserved - to be defined in a future version of MATLAB
% handles    structure with handles and user data (see GUIDATA)
proyek=guidata(gcbo);
set(proyek.figsharp,'CurrentAxes',proyek.axes1);
cla;
set(proyek.figsharp,'CurrentAxes',proyek.axes2);
cla;

Penjelasan :
Fungsi Uigetfile digunakan sebagai kotak dialog standar untuk mengambil file.
Syntax:
filename = uigetfile
[FileName,PathName,FilterIndex] = uigetfile(FilterSpec)
[FileName,PathName,FilterIndex] = uigetfile(FilterSpec,DialogTitle)
[FileName,PathName,FilterIndex] = uigetfile(FilterSpec,DialogTitle,DefaultName)
[FileName,PathName,FilterIndex] = uigetfile(...,'MultiSelect',selectmode)

PSF=fspecial('unsharp');
fspecial menciptakan filter 2-D PSF dari tipe yang spesifik. fspecial mengembalikan nilai PSF sebagai kernel korelasi, yang merupakan bentuk yang sesuai untuk  digunakan dengan imfilter. Imfilter digunakan untuk gambar multidimensional. Unsharp merupakan tipe spesifik yang digunakan untuk meningkatkan kontras.

Fungsi “cla;”  digunakan untuk membersikan objek dari axes.


Untuk menuliskan perintah-perintah diatas dapat digunakan fungsi callback. Caranya yaitu klik kanan pada komponen>>klik View Callback>>Callback. Setelah semua perintah sudah dimasukan GUI dapat dijalankan pada figure dengan menekan CTRL+T.
Dibawah ini adalah gambar output dari gambar asli dan gambar yang sudah dilakukan proses sharpening.



Apakah terlihat perbedaannya?

Read more

M-banking Bank Mandiri

Hai kawan, kembali lagi dengan saya dan lagi-lagi post ini untuk tugas mata kuliah softskill saya. Tugas, tugas dan tugas, begitulah nasip anak kuliah,hehe

Kali ini saya akan membahas tentang M-Banking, pasti kalian udah tau dong apa itu M-banking? apalagi untuk yang terbiasa dengan dunia perbankan pasti sudah terbiasa dengan istilah itu. Berikut ialah pengertian M-banking yang saya kutip dari wikipedia

"M-banking (Mobile Banking) ialah Layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone GSM (Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service). Jenis Transaksi: Transfer dana, Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar, Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi), Pembelian (pulsa isi ulang, saham)"

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, M-Banking sangat membantu kita dalam melakukan setiap transaksi perbankan, apalagi di jaman sekarang ini hanpir setiap orang memiliki Handphone(mobilephone). 

Pada M-banking ini saya akan menjelaskan proses pemakaian M-baking di Bank Mandiri. Saya sendiri menggunakan fasilitas ini dan sangat membantu saya jika ingin mencek jumlah saldo, mencek mutasi transaksi ataupun ingin mentransfer uang. Sebenarnya M-banking itu tidak hanya diakses melalui SMS seperti yang dijelaskan wikipedia, akan tetapi m-banking bisa juga di akses melalui menu, menu ini biasanya telah ada didalam handphone itu sendiri dan lebih memudahkan pengguna M-banking dibandingkan menggunakan layanan sms. 

Pertama-tama untuk menikmati layanan M-banking ini tentu saja kita harus memiliki tabungan di bank Mandiri. Langkah selanjutnya ialah kita daftarkan nomor handphone kita melalui ATM mandiri, setelah proses yang mudah dan cepat maka handphone kita pun telah terdaftar ke dalam m-banking. Tapi jika kita hanya mendaftar melalui layanan yang kita nikmati hanya melihat saldo dan mencek mutasi, kita tidak bisa menikmati layanan transfer, untuk menikmati layanan transfer kita harus ke pergi ke customer service bank mandiri, disana kita akan mengisi formulir pendaftaran dan kita pun bisa menikmati layanan transfer. :)

sumber : 

Read more

Tanggung Jawab Sosial PT.Sido Muncul

Pada Post kali ini saya akan mempost tugas softskill yang ke 2 yaitu tentang Tanggung jawab sosial perusahaan. Berikut  tanggung jawab sosial PT.Sido Muncul :

  • SidoMuncul Award





Profil dewan juri sidomuncul awards
Daftar para penerima Sidomuncul awards

Sejak tahun 1999, secara rutin PT. SidoMuncul mengadakan acara Penganugrahan SidoMuncul Award. Penghargaan tersebut diilhami oleh kata bijak Mother Theresa , " ..Unless life is lived for Others it is not worthwhile ". " SidoMuncul Awards " adalah bentuk penghargaan bagi insan - insan yang setiap harinya berjuang dan bekerja keras untuk menolong dan mengasihi sesamanya. Mereka berkarya dalam lingkup yang terbatas , sehingga tidak diperhitungkan banyak orang.
Padahal yang sesungguhnya yang mereka jalani adalah pekerjaan mulia yang tidak banyak orang mau melakukannya, terlebih dengan semangat cinta kasih, dan pengabdian tulus kepada sesama yang berkekurangan. Dari mereka sebenarnya kita bisa belajar kehidupan yang sesungguhnya.


Tahun 2003, pelaksanaan SidoMuncul Award memasuki tahun kelima, dan bentuk Award / pialapun dirubah, dengan filosofi yang menyertainya.


SidoMuncul Award merupakan bentuk peduli serta sumbangsih perusahaan bagi kegiatan sosial dan kemanusiaan. Semuanya tetap berakarkan pada visi dan misi SidoMuncul, dan diapresiasikan untuk masyarakat banyak. SidoMuncul Award merupakan wujud sisi rohani dari manusia, yang senantiasa tunduk dan menyadari kodratnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan.


Kegiatan SidoMuncul Awards tak lebih hanyalah merupakan saluran rahmat Tuhan. Diharakan kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang, dan menjadi inspirasi insan - insan lain, agar terpanggil untuk berkarya serta berbuat baik bagi sesamanya, sebab solidaritas dan semangat mencintai harus terus ditanamkan dalam diri tiap manusia. 

  • Mudik Lebaran Gratis



PT. SidoMuncul identik dengan Mudik Lebaran Gratis yang rutin diselenggarakan setiap tahun, dan diperuntukkan bagi pedagang jamu se-Jabotabek. Kegiatan ini berawal pada tahun 1991, diikuti oleh 2.500 orang pemudik dengan 50 unit bus.

Idenya bermula tatkala perusahaan berpikir tentang bagaimana mengungkapkan rasa terima kasih kepada para penjual jamu. Banyak pilihan pada waktu itu, misalnya dengan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) atau hadiah lainnya. Namun hal tersebut dirasakan kurang menyentuh kepada substansi masalah yang mereka hadapi pada saat menjelang lebaran yaitu keinginan untuk dapat mudik secara nyaman dan aman serta dapat bersamaan dengan teman - teman sesama penjual jamu.

Sehingga jatuhlah pada pilihan, bahwa SidoMuncul mengadakan program Mudik Lebaran Gratis bagi para penjual jamu.

Ditahun 2003, kegiatan Mudik Gratis untuk pedagang jamu se-Jabotabek memasuki pelaksanaan yang ke-14 kalinya, diikuti oleh 12.000 orang pedagang jamu dan mengerahkan armada sebanyak 200 unit bus.

Sumber : http://www.sidomuncul.com/index.php

Read more

PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PT ASTRA HONDA MOTOR


Pada Post kali ini saya akan mempost tugas softskill saya yaitu tentang perekrutan pegawai pada suatu perusahaan. Berikut  perekrutan pegawai pada PT. Astra Honda Motor :


PT Astra Honda Motor adalah perusahaan manufakturing & distribusi sepeda motor terbesar di Indonesia, dengan jumlah karyawan lebih dari 10.000 orang. Sesuai dengan visi perusahaan, PT. Astra Honda Motor selalu berupaya untuk menyediakan solusi mobilitas terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen dengan sistem manajemen kelas dunia.
Untuk itu kami membutuhkan sumber daya manusia terbaik yang kreatif, inovatif, kompetitif dan siap bergabung dalam pencapaian tujuan tersebut. Dalam pengelolaan SDM, PT. Astra Honda Motor memiliki sistem manajemen pengelolaan SDM yang profesional dengan prinsip Internally Fair dan Externally Competitive disertai dengan pengembangan SDM melalui program-program pelatihan dan pengembangan lainnya serta jenjang karir yang jelas seiring dengan berkembangnya bisnis sepeda motor yang semakin meningkat.
Setiap orang di PT Astra Honda Motor dihargai sesuai dengan prestasi dan potensinya, jika Anda adalah orang yang memenuhi kualifikasi yang diinginkan, kami tunggu kehadiran Anda untuk bergabung bersama PT. Astra Honda Motor.
Menghadapi tantangan pasar sepeda motor di Indonesia yang semakin ketat, PT. Astra Honda Motor membutuhkan sumber daya manusia yang kreatif, kompetitif, dan inovatif. Untuk itu PT. Astra Honda Motor membuka kesempatan berkarir di perusahaan manufaktur tingkat dunia dengan sistem karir yang Internally Fair dan Externally Competitive.
A. Proses Awal & Tes PsikologiB. Proses InterviewC. Proses Medical & Pengumuman                                                   D. Proses on the Job aining

Read more

ScreenHunter (software gratis untuk printscreen)

Sering banget kan kalo kita lagi surfing di dunia maya, kita mau foto sesuatu hal atau mungkin hal itu penting untuk diabadikan tapi kendalanya kalo kita foto pakai kamera digital atau kamera HP pasti jelek, dan kurang puas dengan hasilnya. Semua yang di lakukan tadi repot dan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, semua itu sebenarnya ga usah dilakukan seperti itu karna sudah ada fitur printscreen di setiap komputer yaitu dengan tekan tombol "prt scr" di keyboard lalu tinggal paste ( klik kanan>paste atau ctrl+v ) di program paint lalu save berupa jpg.gif dll. Gampang dan ga ribet kan?dan hasilnya pun memuaskan. Tapi sebenarnya masih ada yang lebih praktis (ah yang bener lo yus?), iya bener yaitu dengan menggunakan software ScreenHunter dan ini free/gratiss tiss tiss, (emang apa bedanya dan kelebihannya yus?). Di bawah ini bakal saya kasih tahu kelebihan menggunakan software ini untuk printscreen,cekibrot

ScreenHunter adalah software yang membuat kita lebih mudah dalam melakukan aktifitas printscreen, banyak kelebihan dari software ini, seperti kita ga usah lagi ribet" paste di paint, edit bagian mana yang mau diambil lalu save. Di software ini kita tinggal pilih menu "capture now" dan hasil printscreen pun langsung jadi berupa file gambar. 

Untuk lebih mudah saya menjelaskan dan temen" jadi gampang untuk ngerti saya akan tampilkan tampilan software ini

Tampilan ScreenHunter Menu "From"

Di atas kita liat itu adalah tampilan ScreenHunter, saya akan jelaskan kegunaan dari menu yang ada disana, di sana ada menu "Capture Now" yang fungsinya untuk menggambil gambar/untuk men-printscreen, lalu "stand by" yang kegunaannya seperti me-minimize program kedalam system tray. 
Tampilan di atas ialah tampilan dari menu from, dimana di menu from ini terdapat pilihan "Capture What" yaitu kita bisa memilih akan printscreen berupa "Rectangular area" yaitu dimana kita bisa memilih posisi mana yang akan kita capture tanpa kita repot crop di paint, "Active Window" yaitu dimana kita bisa men-capture hanya window yang active, dan terakhir "Full Screen" yaitu sama dengan pada saat kita menekan tombol "prt scr". 

Tampilan ScreenHunter Menu "To

Di atas adalah tampilan dari menu to, dimana kita bisa memilih ingin menyimpan gambar yang telah kita capture ke clipboard atau ke file. Di sana saya memilih untuk berupa file, kita juga bisa memilih file itu berupa .gif, .bmp atau .jpg dan kita juga bisa memilih color atau bit color dari gambar yang akan kita simpan, kita juga bisa menentukan file yang telah kita capture akan tersimpan kedalam folder apa.
Keren dan mudah kan?kita ga usah lagi repot", cuma menggunakan software ScreenHunter kita jadi mudah untuk men-capture aktifitas komputer kita dan software ini pun gratis :) .


Read more