Sejarah
sedikit sejarah dari grafika komputer :
Kemajuan dalam komputer grafis adalah berasal dari seorang mahasiswa MIT, Ivan Sutherland. Pada tahun 1961 Sutherland menciptakan program komputer untuk menggambar yang disebut Sketchpad*. Dengan menggunakan Light Pen, Sketchpad dapat menggambar bentuk sederhana pada layar komputer, menyimpan mereka dan bahkan bisa memanggil mereka lagi nanti. Light pen itu sendiri memiliki sel fotolistrik kecil di ujungnya. Sel ini dipancarkan pulsa elektronik setiap kali ditempatkan di depan layar komputer dan pistol elektron layar itu ditembakkan langsung dalam. Dengan waktu yang singkat pulsa elektronik ini tahu dimana lokasi electron gun, ini mudah untuk menentukan persis di mana pena ini di layar pada saat tertentu. Begitu yang ditentukan, komputer kemudian bisa menggambar kursor di lokasi itu.
Sutherland tampaknya terus mencari solusi yang sempurna untuk banyak masalah grafis yang dihadapinya. Bahkan saat ini, banyak standar grafis komputer interface mulai mendapatkan masalah dengan program Sketchpad awal. Salah satu contoh dari hal ini adalah dalam batasan menggambar. Jika seseorang ingin menggambar persegi misalnya, ia tidak perlu khawatir tentang menggambar empat baris sempurna untuk membentuk tepi kotak. Satu hanya dapat menentukan bahwa ia ingin menggambar kotak, dan kemudian tentukan lokasi dan ukuran kotak. Perangkat lunak kemudian akan membangun sebuah kotak yang sempurna, dengan dimensi yang tepat dan di lokasi yang tepat. Contoh lain adalah bahwa perangkat lunak Sutherland model objek - tidak hanya gambar objek. Dengan kata lain, dengan model mobil, orang bisa mengubah ukuran ban tanpa mempengaruhi sisa mobil. Itu bisa meregangkan tubuh mobil tanpa deformasi ban.
Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Awal komputer grafis adalah grafis vektor, yang terdiri dari garis tipis sedangkan grafis modern menggunakan berbasis Raster piksel . Perbedaan antara grafik vektor dan raster grafik dapat digambarkan dengan shipwrecked sailor. Dia menciptakan tanda SOS di pasir dengan mengatur batu dalam bentuk huruf "SOS." Dia juga memiliki beberapa tali berwarna cerah, dengan yang dia membuat kedua "SOS" tanda dengan mengatur tali dalam bentuk huruf. Batu SOS tanda mirip dengan grafis raster. Setiap piksel harus dipertanggungjawabkan secara individual. Tali SOS tanda setara dengan grafis vektor. Komputer hanya menetapkan titik awal dan titik akhir untuk baris dan mungkin tikungan itu sedikit antara dua titik akhir. Kelemahan ke file vektor adalah bahwa mereka tidak dapat mewakili gambar warna kontinu dan mereka dibatasi dalam jumlah warna yang tersedia. format Raster pada karya sisi lain baik untuk gambar kontinyu dan dapat mereproduksi sebagai warna yang diperlukan.
*Sketchpad adalah suatu program revolusioner yang ditulis oleh Ivan Sutherland pada tahun 1963 untuk disertasi Phd-nya. Program tersebut membantu merubah cara orang berinteraksi dengan komputer. Sketchpad dianggap sebagai nenek moyang dari program Computer Aided Drafting (CAD) dan menjadi suatu terobosan utama di dalam pengembangan grafik komputer secara umum. Ivan Sutherland mempertunjukkan grafik komputer dapat digunakan untuk tujuan teknis dan artistik .
Bagian dari grafika komputer meliputi:
* Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
* Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
* Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
* Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Image Type
Komputer grafik 2D
komputer grafis 2D adalah generasi komputer berbasis gambar digital-sebagian besar dari model dua dimensi, seperti 2D model geometris, teks, dan gambar digital, dan dengan teknik khusus untuk mereka. Kata ini dapat berdiri untuk cabang ilmu komputer yang terdiri dari teknik tersebut, atau untuk model-model sendiri.
komputer grafis 2D terutama digunakan dalam aplikasi yang pada awalnya dikembangkan pada saat pencetakan tradisional dan teknologi menggambar, seperti tipografi, kartografi, gambar teknik, iklan, dll. Dalam aplikasi, gambar dua dimensi bukan hanya representasi dari objek dunia nyata, tetapi artefak independen dengan nilai tambah semantik; model dua dimensi karena itu disukai, karena mereka memberi lebih banyak kontrol langsung dari gambar dari komputer 3D grafis, pendekatan yang lebih mirip dengan fotografi daripada tipografi.
Pixel art
Pixel art adalah suatu bentuk seni digital, diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak raster grafis, di mana foto akan diedit pada tingkat piksel. Grafik di sebagian besar tua (atau relatif terbatas) permainan komputer dan video, grafik game kalkulator, dan banyak game ponsel kebanyakan seni pixel.
Grafik Vektor
grafis vektor format melengkapi grafis raster, yang merupakan representasi dari gambar sebagai array pixel, karena biasanya digunakan untuk representasi dari gambar foto. Ada banyak contoh ketika bekerja dengan alat vektor dan format adalah praktek terbaik, dan contoh ketika bekerja dengan alat raster dan format adalah praktek terbaik. Ada kalanya kedua format datang bersama-sama. Pemahaman tentang keunggulan dan keterbatasan dari setiap teknologi dan hubungan antara mereka yang paling mungkin untuk menghasilkan penggunaan yang efisien dan alat efektif.
Komputer grafik 3D
grafik komputer 3D kontras dengan 2D grafis komputer adalah grafis yang menggunakan representasi tiga-dimensi dari data geometris yang disimpan dalam komputer untuk tujuan melakukan perhitungan dan render gambar 2D. gambar tersebut dapat untuk menampilkan waktu atau untuk melihat real-time.
Meskipun perbedaan-perbedaan ini, grafis 3D komputer bergantung pada banyak algoritma yang sama seperti komputer grafis vektor 2D dalam model frame kawat dan grafik raster 2D komputer dalam tampilan yang diberikan akhir. Dalam perangkat lunak komputer grafis, perbedaan antara 2D dan 3D kadang-kadang kabur, aplikasi dapat menggunakan teknik 2D 3D untuk mencapai efek seperti pencahayaan, dan terutama 3D mungkin menggunakan teknik render 2D.
Komputer grafis 3D sering disebut sebagai model 3D. Selain grafik yang diberikan, model terkandung dalam file data grafis. Namun, ada perbedaan. Sebuah model 3D adalah representasi matematis dari setiap objek tiga-dimensi. Sebuah model tidak teknis grafis sampai visual ditampilkan. Karena cetak 3D, model 3D tidak terbatas pada ruang virtual. Sebuah model dapat ditampilkan secara visual sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut 3D rendering, atau digunakan dalam simulasi komputer non-grafis dan perhitungan.
Grafik Komputer
animasi komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui penggunaan komputer. Ini adalah subfield komputer grafis dan animasi. Semakin itu dibuat dengan cara komputer grafis 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak digunakan untuk gaya, bandwidth rendah, dan lebih cepat kebutuhan real-time rendering. Kadang-kadang sasaran animasi adalah komputer itu sendiri, tapi kadang-kadang target media lain, seperti film. Hal ini juga disebut sebagai CGI (Computer-generated imagery atau pencitraan yang dihasilkan komputer), terutama bila digunakan dalam film.
entitas Virtual mungkin berisi dan dikendalikan oleh berbagai macam atribut, seperti transformasi nilai-nilai (lokasi, orientasi, dan skala) yang tersimpan dalam matriks transformasi obyek. Animasi adalah perubahan atribut dari waktu ke waktu. Beberapa metode untuk mencapai animasi ada, bentuk dasar didasarkan pada penciptaan dan pengeditan keyframes, masing-masing menyimpan nilai pada waktu tertentu, setiap atribut yang akan animasi. The grafis 2D/3D software akan interpolasi antara keyframes, menciptakan kurva dapat diedit dengan nilai dipetakan dari waktu ke waktu, sehingga animasi. Metode lain untuk animasi termasuk teknik prosedural dan ekspresi-based: yang pertama mengkonsolidasi unsur-unsur terkait dari entitas animasi ke set atribut, berguna untuk membuat efek partikel dan simulasi kerumunan, yang kedua memungkinkan hasil dievaluasi kembali dari suatu ekspresi logika yang ditetapkan pengguna, ditambah dengan matematika, untuk mengotomatisasi animasi dengan cara yang dapat diprediksi (mudah untuk mengontrol perilaku tulang di luar apa yang hirarki menawarkan dalam sistem rangka mengatur).
Untuk membuat ilusi gerakan, gambar ditampilkan pada layar komputer lalu cepat-cepat diganti dengan gambar baru yang mirip dengan gambar sebelumnya, tetapi bergeser sedikit. Teknik ini identik dengan ilusi gerakan dalam gambar televisi dan gerak.
Raster grafis Sprite (kiri) dan masker (kanan)
Vektor vs Bitmap
Contoh animasi komputer yang diproduksi menggunakan Motion capture
(sumber : wikipedia )
Komputer Grafik
About Me
- use real
- Saya adalah anak terakhir dari 3 bersaudara yang saat ini berkuliah di sebuah Universitas swasta di depok, yaitu Universitas Gunadarma, Dengan jurusan Teknik Informatika.
About this blog
Blog Pribadi ini saya buat untuk memberikan informasi atau berbagi berbagai macam hal kepada teman-teman blogger :)
Blogroll
Category List
Blog Archive
Translate this blog :
Popular Posts
-
1. Pengertian Komunikasi data Komunikasi Data merupakan bentuk komunikasi yang secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data...
-
Sejarah sedikit sejarah dari grafika komputer : Kemajuan dalam komputer grafis adalah berasal dari seorang mahasiswa MIT, Ivan Sutherland. P...
-
Halo kawan, wah udah lama banget ga main blog, terakhir post 6 desember 2010 itu pun post karna untuk tugas kuliah,hehe (padahal kenyataanny...
-
Sharpening Pada tugas kali ini, akan dijelaskan mengenai penajaman citra (sharpening) dengan menggunakan MATLAB versi 7. Penajaman citr...
use real blog
- Welcome and Enjoy -
Followers
--------------------------------------------------------
Hai. aku juga punya materi yang berhubungan dengan komputer grafik. kunjungi saja di.
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf
kita juga punya nih artikel mengenai 'Komputer Grafik', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3308/1/Teknik%20Cube%20Mapping%20.pdf
terimakasih
informasinya menambah wawasan sekali
hadiah ulang tahun
ağrı
van
elazığ
adıyaman
bingöl
L5ER
tekirdağ
tokat
elazığ
adıyaman
çankırı
UGTO
edirne evden eve nakliyat
adana evden eve nakliyat
rize evden eve nakliyat
niğde evden eve nakliyat
gümüşhane evden eve nakliyat
DCSM
Kocaeli Lojistik
Uşak Lojistik
Osmaniye Lojistik
Çorlu Lojistik
Kocaeli Lojistik
MNUH4M
bartın evden eve nakliyat
edirne evden eve nakliyat
mersin evden eve nakliyat
sinop evden eve nakliyat
siirt evden eve nakliyat
CBX
858AF
Van Evden Eve Nakliyat
order steroid cycles
Ağrı Evden Eve Nakliyat
buy oxandrolone anavar
trenbolone enanthate for sale
Rize Evden Eve Nakliyat
Eskişehir Evden Eve Nakliyat
order primobolan
Diyarbakır Evden Eve Nakliyat
AD745
Gümüşhane Evden Eve Nakliyat
Nevşehir Evden Eve Nakliyat
Düzce Lojistik
Silivri Parke Ustası
Hatay Şehirler Arası Nakliyat
Bitexen Güvenilir mi
Etimesgut Boya Ustası
Çerkezköy Çelik Kapı
Nevşehir Lojistik
DBFAB
Antep Parça Eşya Taşıma
Muğla Parça Eşya Taşıma
Ünye Çatı Ustası
Tekirdağ Şehirler Arası Nakliyat
Kırıkkale Parça Eşya Taşıma
Kars Lojistik
Hotbit Güvenilir mi
Mercatox Güvenilir mi
Tokat Şehir İçi Nakliyat
A54BC
Mersin Lojistik
Çerkezköy Buzdolabı Tamircisi
Kırklareli Evden Eve Nakliyat
Yalova Şehir İçi Nakliyat
Kars Parça Eşya Taşıma
Mamak Boya Ustası
Sweat Coin Hangi Borsada
İstanbul Şehirler Arası Nakliyat
Keçiören Fayans Ustası
44BD5
Bitcoin Kazma
Bulut Madenciliği Nedir
Bitcoin Nasıl Oynanır
resimli magnet
Binance Madenciliği Nedir
Coin Çıkarma
Coin Nasıl Çıkarılır
Binance Komisyon Ne Kadar
Kripto Para Madenciliği Nedir
68D19
Coin Oynama
Bitcoin Kazanma
Görüntülü Sohbet
Görüntülü Sohbet
Bitcoin Nasıl Üretilir
Soundcloud Dinlenme Satın Al
Binance Nasıl Üye Olunur
Tiktok Beğeni Hilesi
Tiktok İzlenme Satın Al
5CDB6
Tumblr Takipçi Satın Al
Binance Referans Kodu
Kripto Para Kazanma
Coin Nasıl Alınır
Bitcoin Çıkarma Siteleri
Linkedin Takipçi Satın Al
Binance Ne Zaman Kuruldu
Binance Neden Tercih Edilir
Threads İzlenme Hilesi
A8174
Bitcoin Nasıl Kazanılır
Bitcoin Üretme Siteleri
Binance Nasıl Üye Olunur
Binance Para Kazanma
Kwai Beğeni Satın Al
Periscope Takipçi Hilesi
Binance Ne Kadar Komisyon Alıyor
Area Coin Hangi Borsada
Ort Coin Hangi Borsada
0C0CA
Görüntülü Sohbet
Bitcoin Nasıl Kazılır
Kwai Beğeni Satın Al
Onlyfans Beğeni Satın Al
Ort Coin Hangi Borsada
Coin Kazanma
Binance Referans Kodu
Bitcoin Kazma
Telegram Görüntüleme Satın Al
4CD2B
Spotify Takipçi Hilesi
Pi Network Coin Hangi Borsada
Parasız Görüntülü Sohbet
Bitcoin Oynama
Binance Referans Kodu
Clysterum Coin Hangi Borsada
Bitcoin Nasıl Alınır
Ort Coin Hangi Borsada
Kripto Para Madenciliği Nedir
CAB8F
Telegram Abone Hilesi
Lovely Coin Hangi Borsada
Meta Coin Hangi Borsada
Sonm Coin Hangi Borsada
Bitcoin Nasıl Alınır
Kripto Para Çıkarma
Pi Network Coin Hangi Borsada
Bulut Madenciliği Nedir
Telcoin Coin Hangi Borsada
D212D
Sohbet
Osmo Coin Hangi Borsada
Bitcoin Nasıl Kazanılır
Tumblr Beğeni Satın Al
Coin Kazanma
Threads İzlenme Hilesi
Clysterum Coin Hangi Borsada
Paribu Borsası Güvenilir mi
Binance Referans Kodu
98624
zkswap
arbitrum
uniswap
trezor suite
onekey
ellipal
layerzero
galagames
sushi
شركة تسليك مجاري بالدمام iLJj2J6XOO
افضل شركة تسليك مجاري بالاحساء N1oCji1OyF
شركة تنظيف سجاد بالجبيل pXEvwzTGtJ
تسليك مجاري بالاحساء NGxfeOG5ky
شركة تنظيف خزانات M1aYWDerQK
شركة تسليك مجاري بالاحساء CvQfHLJEwR