About

ScreenHunter (software gratis untuk printscreen)

Sering banget kan kalo kita lagi surfing di dunia maya, kita mau foto sesuatu hal atau mungkin hal itu penting untuk diabadikan tapi kendalanya kalo kita foto pakai kamera digital atau kamera HP pasti jelek, dan kurang puas dengan hasilnya. Semua yang di lakukan tadi repot dan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, semua itu sebenarnya ga usah dilakukan seperti itu karna sudah ada fitur printscreen di setiap komputer yaitu dengan tekan tombol "prt scr" di keyboard lalu tinggal paste ( klik kanan>paste atau ctrl+v ) di program paint lalu save berupa jpg.gif dll. Gampang dan ga ribet kan?dan hasilnya pun memuaskan. Tapi sebenarnya masih ada yang lebih praktis (ah yang bener lo yus?), iya bener yaitu dengan menggunakan software ScreenHunter dan ini free/gratiss tiss tiss, (emang apa bedanya dan kelebihannya yus?). Di bawah ini bakal saya kasih tahu kelebihan menggunakan software ini untuk printscreen,cekibrot


ScreenHunter adalah software yang membuat kita lebih mudah dalam melakukan aktifitas printscreen, banyak kelebihan dari software ini, seperti kita ga usah lagi ribet" paste di paint, edit bagian mana yang mau diambil lalu save. Di software ini kita tinggal pilih menu "capture now" dan hasil printscreen pun langsung jadi berupa file gambar. 

Untuk lebih mudah saya menjelaskan dan temen" jadi gampang untuk ngerti saya akan tampilkan tampilan software ini

Tampilan ScreenHunter Menu "From"

Di atas kita liat itu adalah tampilan ScreenHunter, saya akan jelaskan kegunaan dari menu yang ada disana, di sana ada menu "Capture Now" yang fungsinya untuk menggambil gambar/untuk men-printscreen, lalu "stand by" yang kegunaannya seperti me-minimize program kedalam system tray. 
Tampilan di atas ialah tampilan dari menu from, dimana di menu from ini terdapat pilihan "Capture What" yaitu kita bisa memilih akan printscreen berupa "Rectangular area" yaitu dimana kita bisa memilih posisi mana yang akan kita capture tanpa kita repot crop di paint, "Active Window" yaitu dimana kita bisa men-capture hanya window yang active, dan terakhir "Full Screen" yaitu sama dengan pada saat kita menekan tombol "prt scr". 

Tampilan ScreenHunter Menu "To

Di atas adalah tampilan dari menu to, dimana kita bisa memilih ingin menyimpan gambar yang telah kita capture ke clipboard atau ke file. Di sana saya memilih untuk berupa file, kita juga bisa memilih file itu berupa .gif, .bmp atau .jpg dan kita juga bisa memilih color atau bit color dari gambar yang akan kita simpan, kita juga bisa menentukan file yang telah kita capture akan tersimpan kedalam folder apa.
Keren dan mudah kan?kita ga usah lagi repot", cuma menggunakan software ScreenHunter kita jadi mudah untuk men-capture aktifitas komputer kita dan software ini pun gratis :) .


2 Responses so far.

  1. makasih ya kak info tentang screenhunter nya

  2. bagus gan, lumayan dapat dimengerti... tapi ane lebih suka fscapture... thank

Leave a Reply